Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

1. Umum

  • Q. Apa itu Platform SIPLah-TISERA?
    • A.SIPLah-TISERA adalah suatu platform pasar daring yang menyediakan beragam kebutuhan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh Satuan Pendidikan melalui mitra penyedia yang bekerja sama dengan platform SIPLah-TISERA dan dikelola secara profesional dengan infrastruktur terbaik oleh tigaserangkai.com
  • Q. Apa manfaat menggunakan SIPLah-TISERA?
    • A.Dengan menggunakan SIPLah Tiga Serangkai, Satuan Pendidikan dapat melaksanakan proses PBJ secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel sehingga barang/jasa dapat diperoleh dengan tepat dari setiap dana yang dibelanjakan.
  • Q. Mengapa harus menggunakan SIPLah-TISERA?
    • A.SIPLah-TISERA merupakan platform yang Mudah, lengkap, transparan, dan akuntabel untuk sarana pembelian barang dan jasa mulai dari buku pelajaran, alat peraga pendidikan dan perlengkapan kesehatan
  • Q. Siapa yang saja yang dapat menggunakan SIPLah-TISERA?
    • A.SIPLah-TISERA dapat digunakan oleh :
      1.Penyedia barang dan jasa yang telah terdaftar untuk berjualan sebagai bagian dari SIPLah-TISERA sesuai dengan kebutuhan Satuan Pendidikan
      2.Satuan Pendidikan yang telah terdaftar di Kemendikbudristek sebagai sekolah penerima bantuan Dana BOS dari pemerintah untuk melakukan proses pembelian barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan Satuan Pendidikan
      3.Pengawas, untuk melakukan proses pengecekan atau pemeriksaan terhadap segala transaksi yang terjadi di platform SIPLah-TISERA
  • Q. Dimana bisa mengakses SIPLah-TISERA?
    • A.Layanan SIPLah Tiga Serangkai dapat diakses di siplah.tisera.id dari manapun selama memiliki koneksi internet yang memadai.
  • Q. Kapan waktu yang tepat menggunakan SIPLah-TISERA?
    • A.SIPLah-TISERA dapat digunakan setiap saat karena SIPLah adalah platform daring.

2. Pembayaran

  • Q. Apa saja tipe pembayaran SIPLah-TISERA?
    • A.Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening BRI dan Mandiri dengan menggunakan Virtual Account (Close dan Open Payment). Pengecekan pembayaran akan dilakukan oleh sistem sehingga bukti pembayaran bisa disertakan hanya sebagai pelengkap
  • Q. Apakah Satuan Pendidikan bisa membayar dari beberapa tagihan menjadi satu kali transfer pada SIPLah-TISERA?
    • A.Satuan Pendidikan tidak bisa membayar dari beberapa tagihan menjadi satu kali transfer, pembayaran harus ditransfer sesuai dengan nomor masing-masing invoice dan jumlah pada invoice tersebut
  • Q. Bagaimana proses perbandingan dapat dilakukan pada SIPLah-TISERA?
    • A.Jika total belanja (tidak terbatas satu barang) >50jt maka pembeli harus melakukan perbandingan dengan ketentuan berikut:
      - 50jt < total belanja < 200jt
      maka pembeli harus melakukan perbandingan, minimal 1 merchant pembanding ( 1 merchant utama dan 1 merchant pembanding)
      - total belanja > 200jt
      maka pembeli harus melakukan perbandingan, minimal 2 merchant pembanding( 1 merchant utama dan 2 merchant pembanding)
      - jika perbandingan berupa paket maka harus dengan list barang yang sama
      (misal Satuan Pendidikan ingin membeli paket A (laptop, printer mouse), maka semua produk dalam 1 paket harus dilakukan perbandingan

      Langkah - langkah untuk melakukan perbandingan adalah sebagai berikut:
      1.Setelah keranjang belanja mencapai 50 juta akan muncul popup notifikasi untuk melakukan perbandingan
      2.Silahkan klik "Bandingkan penyedia" pada popup notifikasi untuk berpindah ke halaman perbandingan produk
      3.Klik "Buat perbandingan" untuk membuat perbandingan pada transaksi yang diinginkan
      4.Kemudian, cari penyedia pembanding yang diinginkan dengan cara menulis nama penyedia dalam search bar untuk dimasukkan dalam list perbandingan
      5.Setelah itu, klik "Cari barang" untuk memilih produk dari penyedia pembanding yang ingin dijadikan sebagai produk pembanding
      6.Klik "Tambahkan ke perbandingan" pada produk yang diinginkan sebagai pembanding
      7.Satdik dapat mendownload perbandingan untuk melihat keseluruhan perbandingan produk dengan klik "Download Perbandingan"
      8.Lalu, klik "Pilih penyedia" pada produk yang ingin dibeli untuk diteruskan ke penyedia
      9.Kemudian, satdik dapat melakukan nego dengan klik "Nego" dan set harga atau langsung membeli produk yang diinginkan dengan klik "Beli Sekarang" Video tutorial Perbandingan Produk dapat dilihat pada link: https://youtu.be/-7_w6HNnXN4
  • Q. Bagaimana proses negosiasi yang dapat dilakukan pada SIPLah-TISERA?
    • A.Langkah - langkah negosiasi:
      1.Satdik membeli produk yang diinginkan
      2.Pada keranjang belanja, klik tombol berwarna hijau bertuliskan ""Nego"" akan muncul popup notifikasi nego
      3.Kemudian, masukkan harga nego per produk dan catatan untuk penjual lalu klik kirim pada popup notifikasi
      4.Setelah semua produk selesai di inputkan harga nego, klik ""Kirim Nego"" dan negosiasi akan terkirim
      5.Kemudian masuk ke tab nego pada keranjang belanja, disana akan terlihat harga nego yang satdik tawarkan dan penyedia inginkan
      6.Apabila harga belum sesuai satdik dapat mengirim nego lagi dengan klik ""Nego"" dan mengirimnya kembali ke penjual, apabila satdik sudah sesuai dapat
  • Q. Dokumen apa saja yang akan diterima sebagai bukti pembayaran?
    • A.Dokumen yang akan diterima setelah pembayaran adalah sebagai berikut: Invoice, Bukti setor / Bukti Transfer
  • Q. Siapa saja yang menjadi partner pembayaran SIPLah-TISERA?
    • A.Partner Pembayaran SIPLah-TISERA adalah Bank BRI dan Bank Mandiri

3. Logistik / Pengiriman?

  • Q. Siapa saja yang menjadi partner logistik SIPLah-TISERA?
    • A.SIPLah Tiga Serangkai bekerjasama dengan JNE, J&T dan Indah Logistik.
  • Q. Di mana saja lokasi yang dapat dijangkau layanan SIPLah-TISERA?
    • A.Lokasi yang dapat dijangkau oleh layanan SIPLah-TISERA seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Q. Berapa lama waktu pengiriman pesanan hingga sampai ke sekolah dengan menggunakan SIPLah-TISERA?
    • A.Waktu pengiriman pesanan bergantung pada pemilihan layanan, jarak, dan penyedia
  • Q. Apa yang harus dilakukan setelah transaksi berhasil dan barang sudah diterima?
    • A.Satuan Pendidikan wajib melakukan pengecekan pesanan apakah sudah sesuai atau belum, jika sudah sesuai maka Satuan Pendidikan wajib membuat e-BAST, melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran melalui SIPLah-TISERA, yang kemudian akan diteruskan ke Penyedia

4. Perpajakan

  • Q. Siapa yang membayar pajak ketika terjadi pembelian di SIPLah-TISERA?
    • A.Pembayaran Pajak bisa dilakukan oleh Penyedia dan atau Satuan Pendidikan yang bertransaksi
  • Q. Bagaimana sistem pemungutan pajak ketika melakukan transaksi di SIPLah-TISERA?
    • A.Setiap transaksi untuk barang kena pajak akan dikenakan PPN
      Penyelesaian Perpajakan dilakukan di luar sistem siplah
      Dokumen pajak bisa diupload di sistem Siplah Tiga Serangkai
  • Q. Apakah semua barang di SIPLah-TISERA sudah termasuk pajak?
    • A.Barang dagangan yang sesuai dengan peraturan perpajakan akan dikenakan pajak barang yang terpasang di Siplah Tiga Serangkai adalah barang yang sudah dikenakan pajak

5. Denda

  • Q. Bagaimana mekanisme pengenaan denda pada Pengadaan di SIPLah-TISERA?
    • A.Mekanisme pengenaan denda merujuk pada Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018.
      Pengenaan denda dilakukan dengan adanya kesepakatan antara Satuan Pendidikan dan Penyedia sebelum melakukan transaksi barang dan jasa dan dilakukan di luar sistem

6. Kendala Teknis

  • Q. Mengapa tidak dapat melakukan login?
    • A.Gagal login yang dialami oleh Satuan Pendidikan dapat terjadi karena:
      - Akun Dapodik yang digunakan Satuan Pendidikan bukan Akun Kepala Sekolah dan Akun Bendahara/Pelaksana PBJ.
      - Akun Satuan Pendidikan belum di-update, silakan melakukan pemutakhiran data di aplikasi Dapodik.
      - Salah memasukkan password/lupa password
      - Server SIPLah-TISERA sedang mengalami gangguan atau server Dapodik sedang dalam perbaikan
      Jika masih belum bisa, mohon hubungi dinas daerah setempat.
  • Q. Bagaimana cara melakukan filter produk berdasarkan kategori produk pada SIPLah-TISERA?
    • A.Filter dilakukan dengan menggunakan shortcut gambar pada halaman utama atau dengan mencari item pada kolom pencarian lalu memilih kategori produk yang diinginkan
  • Q. Apa yang harus dilakukan jika ada fitur yang tidak muncul pada SIPLah-TISERA?
    • A.Langkah pertama dapat dilakukan adalah refresh browser atau clear cache, dan memastikan koneksi internet yang digunakan dalam keadaan baik.
      Jika masih mengalami kendala yang sama, silakan menghubungi nomor kontak 0271-714344 atau email [email protected]
  • Q. Dimana bisa mengakses pusat bantuan SIPLah-TISERA?
    • A.Pusat bantuan SIPLah-TISERA dapat dihubungi melalui siplah.tisera.id via email [email protected], telepon 0271 714344 atau chat